Sunday, February 8, 2015

Tahun Baru Imlek dan Almanak 1

Tahun Baru imlek adalah selalu menjadi momen penting dalam kehidupan masyarakat Tionghoa di Jakarta dan Pecinan Glodok pada khususnya. Menyambut Tahun Baru rumah-rumah dibersihkan dan di beri pernak-pernik berwarna merah sebagai symbol harapan Tahun yang Baru akan memberi keberuntungan. Menyambut tahun baru juga banyak ramalan-ramalan berdasarkan Shio seseorang. Tulisan ini bukan meramal keberuntungan anda, tetapi membahas soal Kalender Tionghoa dan almanac yang menjadi dasar dari ramalan tadi.
 

Dalam kalender Tiongkok kuno, waktu dibagi menjadi siklus yang dapat diprediksi. Kualitas seseorang dan dunia dianggap dihubungkan dengan siklus ini. Sebagai bagian dari sistem ini, setiap bulan dan tahun yang dianggap memiliki karakteristik yang ditentukan oleh interaksi yang rumit dari berbagai faktor. Ini semua dilambangkan oleh binatang, yang menjadi semacam lambang yang berpengaruh. Kemudian Tahun-tahun tersebut disebut dengan nama hewan ini. Urutan hewan tetap konstan melalui siklus tahun.
 

Hewan-hewan ini dalam urutannya adalah tikus, kerbau (kadang-kadang disebut sapi), harimau, kelinci, naga, ular, kuda, domba (atau kambing), monyet, ayam, anjing, dan babi. Mengetahui tanggal lahir seseorang bisa membantu peramal terlatih menentukan karakteristik dan nasib seseorang. Bulan-bulan didasarkan pada bulan baru yang berlangsung 29 atau 30 hari, dengan 12 bulan dalam setahun. Setiap beberapa tahun satu bulan tambahan ditambahkan ke kalender untuk menebus fakta bahwa sistem tidak cukup menambahkan hingga orbit penuh mengelilingi matahari. Tahun Baru Cina jatuh pada hari pertama kalender bulan yang biasanya  pada akhir Januari atau awal Februari.

Sejak tahun 1911 Tiongkok telah menggunakan kalender Gregorian, kalender yang sama seperti yang digunakan di Barat. Orang-orang yang beragama Buddha mengembangkan legenda untuk menjelaskan pemilihan dan urutan hewan dalam kalender. Dikatakan bahwa selama hari-harinya di bumi, Buddha dengan tanpa pamrih memberitakan kepada semua makhluk, hewan serta manusia. Ketika ia meninggal dan mayatnya dikremasi, semua binatang yang telah mendengar kata-kata-nya yang kudus berlari untuk menghormatinya. Sistem tahun diperingati dengan kedatangan mereka.
 

Meskipun semua masyarakat Tionghoa secara resmi menggunakan kalender Gregorian, kalender tradisional Tionghoa yang merupakan - gabungan kalender Bulan dan Matahari yang kuno - tetap penting secara universal. Ini menandai semua festival tradisional dan hari libur, sangat penting untuk astrologi Cina dan dengan sendirinya merupakan media ramalan yang penting, sebagai almanak yang berdasarkan itu untuk menandai tanggal baik dan buruk untuk setiap jenis usaha.

Kalender tradisional berjalan dengan banyak nama. Nama yang paling umum adalah kalender petani atau kalender pedesaan (Nongli), tetapi juga sering disebut sebagai kalender bulan atau kalender Yin (Yinli) karena penekanannya pada fase bulan dibandingkan dengan kalender matahari (Yangli) . Namun nama-nama lainnya adalah kalender lama (Jiuli) atau kalender Xia (Xiali).

Asal usul kalender Tionghoa kembali ke jaman dulu, berada di antara konsepsi akar peradaban Tionghoa, karena dari semua masyarakat pertanian kuno. Signifikansinya adalah untuk integrasi ritual dan budaya dan pembentukan negara. Mitologi Tionghoa umumnya berasal dari Kaisar Kuning yang legendaris (Huangdi, 2697-2599 SM) dengan menciptakan kalender untuk menyarankan para petani kapan menabur, menanam dan memanen. Bukti sejarah berjalan jauh ke belakang memang, Dinasti Shang menjelaskan kalender tahun gabungan lunisolar dengan dua belas bulan dan bulan ketiga belas kabisat untuk menghindari penyimpangan. Dokumen dari dinasti Zhou memperlihatkan suatu kalender yang rumit, termasuk siklus enam puluh hari (kombinasi dari Sepuluh Batang Surgawi dan Dua Belas Cabang Bumi, yang digunakan dalam kombinasi yin-yin atau yang-yang untuk menghasilkan siklus enam puluh nama hari). Seiring dengan reformasi kalender dari dinasti Han, siklus enam puluh satuan mulai menandai tahun, dan telah digunakan terus menerus sejak itu. Sebuah representasi sederhana dari siklus ini diberikan oleh dua belas binatang dari zodiak Tionghoa dikombinasikan dengan Lima Elemen (tahun api-babi = 2007, tahun bumi-tikus = 2008, dll). Meskipun beberapa modifikasi, yang terbaru diperkenalkan oleh Jesuit di bawah pimpinan Adam Schall pada tahun 1645, kalender tradisional telah digunakan di Tionghoa sampai 1929.



No comments:

Post a Comment