Monday, February 16, 2015

Tahun Baru Imlek dan Almanak 2

Persiapan Imlek di Kelenteng Jin De Yuan

Almanak tahunan dihitung berdasarkan kalender tradisional telah diproduksi oleh Biro Astronomi / Astrologi sejak zaman kuno, model klasik yang disebut perlengkapan Bulanan (Yueling). Pembuatan almanak adalah hak istimewa negara dan sangat penting, dimana Putra Langit (Kaisar) akan menunjukkan kemampuannya membaca kosmos dan membawanya untuk mengatur kekaisaran. Almanak-almanak itu begitu berharga sehingga diangkut dalam tandu dan disambut dengan sujud sebelum didistribusikan ke pejabat tertinggi; serta versi yang lebih sederhana tersedia untuk umum.

Almanak - almanak ini tetap sangat populer sampai saat ini di Hong Kong, Taiwan dan Singapura. Setiap keluarga dapat memiliki salinan almanak, sering disebut sebagai ‘kitab suci’ (Tongshu), sebanding pentingnya bagi orang Kristen Alkitab. Tiada peramal, imam atau ahli nujum tanpa kitab ini. Di Tiongkok sekarang, di mana almanak dilarang selama era komunis, salinan beredar di daerah pedesaan secara ilegal, sekarang umumnya tersedia dan memiliki arti penting.  Versi Bahasa Inggris sekarang juga diproduksi dan didistribusikan secara luas di Barat

Almanak Tiongkok, yang masih dicetak dalam format “tali ikat” dengan balok kayu ilustrasi yang kuno, berisi  berbagai informasi yang luar biasa. Ini adalah salah satu panduan yang solid untuk hidup yang 'benar' sepanjang tahun, dengan memanfaatkan kekuatan universal yang menguntungkan sambil menghindari semua yang buruk atau kesalahan kepada dewa-dewa dan roh-roh. Bagian terbesar dari almanak adalah sebuah teks kuno yang tidak berubah dari tahun ke tahun, meskipun pada wilayah yang berbeda-beda. Hal ini berguna untuk kehidupan sehari-hari, sesuai dengan tradisi, termasuk instruksi untuk masalah kesehatan, daftar obat herbal, catatan dan ilustrasi tentang perawatan bayi, bantuan dalam memilih nama anak, pengetahuan tentang dewa-dewa tertentu dan ada bagian penafsiran mimpi, jenisnya banyak yang berkaitan dengan tradisi klasik tentang gunung, pohon, sutra dan para kaisar. Kedua versi Hong Kong dan Taiwan termasuk memuat bagian besar pertanda dan interpretasi mereka serta pada penulisan mantra sihir untuk setiap jenis masalah yang mungkin menghantui umat manusia, baik sekuler dan spiritual. Ada mantra untuk berbagai bentuk penyakit dan rasa nyeri, untuk mengusir roh-roh jahat, untuk menjaga diri dari binatang liar, untuk menghindari kebiasaan buruk dalam keluarga seperti minum dan berjudi dan sejumlah masalah lainnya.

No comments:

Post a Comment